Rabu, 12 Maret 2008

VETSIN = PUPUK ?

Mau tanya nih, saya dikasih tahu teman kantor, katanya vetsin, mecin or penyedap rasa itu bisa dijadikan sebagai pupuk.
Apakah benar? Apa saja kandungan kimia yang terkandung di dalamnya?
Ohya, dikantor tempat kerja banyak carbon aktif untuk media filter air. Saya gunakan itu untuk campuran media tanam adenium, dengan perbandingan carbon aktif,pasir bangunan, kompos 1:1:1..
Bagaimana? apakah ada efeknya... Samakah carbon aktif dengan sekam bakar? chen joe

Vetsin (Monosodium Glutamat atau MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat. Dibuat dari proses hidrolisa tanaman tebu.
Kalau dari segi keampuhannya sebagai pupuk, tidak jauh beda dengan urea. Secara ekonomis nggak dianjurkan pake vetsin kalo punya kebon ratusan pohon, perlu berapa sachet ajino..tiiiit (sensor)...? satu-dua pot sih oke2 aja. Alih2 bukan masakan didapur yang sedep, malah media tanaman yg jauh lebih sedeep..
Karena komponen kimia yg diambil tanaman adalah Nitrogen dan Nitrat, maka "pupuk" ini lebih dipakai untuk tujuan pertumbuhan daun, jadi lebih banyak dipake aglosnemos frentos daripada adeniumania.
Penjelasan menganai karbon kurang lebih analog dengan Vetsin. Kalau ada 2 pilihan bahan yg identik pilih saja bahan yang lebih mudah dan murah didapat. Argy

Dulu saya pernah dengar nasihat dari penjual pupuk organik…”Untuk mengaktifkan mikro organisme yang terkandung didalam pupuk organik cair ini adalah dengan cara dicampur dengan larutan : Tetes Tebu atau Air Gula atau Bumbu Penyedap yang mengandung tetes tebu”.
Katanya sih untuk membangunkan bakteri/mikro organisme postif yang ada dalam botol tsb.
Trus menurut penjelasan Ibu Tharie, urea akan diserap oleh tanaman jika bisa diubah oleh organisme-organisme tsb.
Apakah karena vetsin ini membangunkan mikro organisme yang ada di media(kompos) sehingga mampu mengurai pupuk-pupuk kimia yang efek selanjutnya menjadi menyuburkan tanaman ???
Lho kok malah nanya ???
He…he..sori Pak Chen Joe & Boss Argy, saya bukan menjawab pertanyaan, tetapi malah menambah Daftar Pertanyaan.
Karena saya juga sering dengar pengaruh vetsin ini….tetapi belum pernah nyoba disiram ke tanaman secara langsung…baru sebatas saya campur ke pupuk organik cair trus baru disiram ke media….So Far So Gut…Top Markotop - Gut Mar So Gut.
***Apakah sama : Mikro organisme = bakteri = bakteri positif (opo maneh yo iki ???) = bakteri negatif = mahluk mungil dalam tanah…dll…dst.
***Apakah benar dalam pupuk organik cair mengandung mahluk-mahluk tsb ???
HENKY - Balikpapan

Rekan-rekan..
Sifat utama arang aktif adalah mempunyai daya serap cairan yang tinggi. Nah pemanfaatannya tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan dan sifat menonjol arang aktif tersebut.
Pada beberapa kasus tanaman, arang aktif dapat menyulut pemunculan akar. Dari 5 potongan bonggol alocasia yang saya olesi arang aktif ( norit ) ternyata mempunyai pertumbuhan akar lebih cepat dan bagus dibanding yang diolesi hormon auksin ( 5 potong ), maaf sedikit OOT . Jangan diterjemahkan arang aktif lebih bagus dibanding auksin dalam merangsang akar lho !
Arang aktif dan sekam bakar bisa dikatakan sama, hanya beda kualitas menyangkut daya serap air. Arang aktif jauh lebih higroskopis dibanding sekam bakar dan melalui tahapan proses yang sedikit lebih sangkil. Dan ini tercermin dari harga.
Tentang vetsin …….. udah diuraikan bos Argy.

Tharie Wie
www.omahijo.com


2 komentar: