Senin, 10 Maret 2008

Blorok, Mozaik Virus ?

Rekans,
Bunga biasa jadi luar biasa.. ada apa dengan dia ?
Foto ini saya ambil di tukang kembang jalan2 cari media. Penjual sengaja mengasingkan satu pot adenium yg istimewa.. blorok itu istilah teman2
Interesting. . ternyata bukan bunga saja yang blorok (mosaic) ternyata daun juga menunjukkan pola2 blorok.
Ada apa gerangan ? sakit kah ? Virus kah ? berbahaya kah ?
Interesting. . bisakah ditularkan untuk membuat perubahan pada bunga lain.. Tapi jika berbahaya.. wah tentu ga baik..
Pak Tri.. mohon pencerahannya. .Trimakasih - Zai

Bahaya atau ndak, baru disadari kalau HP, Ipanema, etc, etc yang ada di rumah mendadak ikutan blorok.
Sekarang bisa dianggap unik. Sampai tiba waktunya HP tidak lagi HP, EOS tidak lagi EOS. Sejauh mata memandang, hanya ada blorok
Pilihan ada di masing-masing. Ganggeng Kanyoet

Melengkapi gambar bang Zai, berikut gambar blorok-blorok lain yang sempat saya foto. Gambar diambil dari tiga lokasi (kebun) berbeda.
Sekedar alasan praktek budidaya, sulit diterima rasanya kalau dilihat kesamaan dampak diantara 3 lokasi berbeda. Tapi kalau memang karena virus (dugaan sementara), betapa cepatnya penyebaran itu.
Kabar lain, adenium yang ditanam dekat kebun lombok, juga bisa tertular virus keriting (perlu ke salon untuk rebounding -D. Sayang tidak sempat ambil gambarnya. Keburu mati dan dimusnahkan.
Mungkin ada rekan lain yang dapat menambahkan contoh gambar dengan kemiripan “tanda-tanda” serangan ?.

Tharie Wie
www.omahijo.com

Mbak thari ….
Aku punya beberapa yang seperti ini . Diantaranya , Sinox , Desert sunset , Calypso stripe , Bohemianum , WindMollen . Sayangnya Bohemianum ungu blorok hari ini dipotong dan dilangsir ke tempat mas Thomas melalui kurir Kaypang yang sudah berubah jadi gembel sakti karena bukan entress lagi yang di dapat , tapi ilmu meningkat menjadi pohon .. Mas Sigit .. ekekekeke , jadi ga sempat di foto .
Dari yang aku perhatikan , si burik ini memiliki media sudah sangat sangat ( sampai 2 x nulisnya ) miskin hara .. bahkan sudah menjadi gembel hara karena sekitar 2 tahun males ganti media. “ Jika “ yang terjadi si blorok ini terjadi pada kondisi si pemilik rajin mengganti media .. wah itu mungkin lain ceritanya . Jika disebut virus , wah .. sekalian akan kucoba sak virus virusnya aku adukan ,, ada Chimera di MRD dan MGD , diadu dgn si mosaic ini . Jadinya siapa tau batang kecil , daun kecil , bunga hijau blorok.
Mungkin uji cobanya apakah ini virus atau tidak , bagaimana “ Jika “ dicoba ditularkan ke pohon lain . “ Jika “ tertular .. Bisa dikatakan Virus . Jika nggak ? bisakah dikatakan virus ?
Tambahah .. pada daun pertumbuhannya tidak sempurna , kruwal kruwel .. Ada yang klorosis juga alias variegate variegataan . Jika berkenan untuk para lulusan pertanian kiranya apa saja sih virus yang ada dan harus diwaspadai ? Dan tanda tandanya apa ?
Mas Thomas .. Hati hati .. Jika ini benar virus , sampeyan simpan satu hari ini . Baik baik tertular nanti kowe berubah warna jadi Merah kuning hijau spt lampu merah .. ekekekekekeke . Dimusnahkan saja .. Atau mau uji coba juga .. monggo E’Kakung – www.adesidjo. com

Mungkin ada benarnya, Ton.
Pak Tri pernah ngendiko (saat di Family Gathering), perubahan karena virus dapat diturunkan secara generatip.
Persoalannya adalah, bagaimana mengelola ‘virus’ (kalau memang benar itu virus) agar senantiasa terkendali, sesuai yang kita inginkan.
Di coba saja Ton. Nanti aku diceritain perkembangannya ya. Tharie Wie



Rekan-rekan …
Pada sesi kuliah pak Tri Widodo saat Family Gathering di rumah mas Tomo, Turi, Sleman, Yogyakarta, disebutkan bahwa tidak semua penyakit tanaman bersifat merugikan secara ekonomi. Contoh, serangan penyakit viral yang gejalanya nampak pada bunga adenium Lynam Tok atau disini lebih dikenal dengan nama Waterfall (hand out-halaman 6).
Gejala yang tampak pada Waterfall mirip dengan gejala pada bunga tulip yang terserang potyvirus – Tulip Breaking Virus (TBV). Serangan virus ini memunculkan kesan variegata serta tepi petal terkesan sobek-sobek (Judith A. Lesnaw, et al, 2000). Bukannya jadi jelek, tapi virus tersebut justru menambah keindahan bunga (menjadi lain dari yang lain).

Hari Sabtu sore ( 4 Agustus 2007 ) kebetulan mampir di tempat teman, saya dapati keanehan yang nampak pada beberapa bunga milik teman, seperti Calypso Stripe, Sinox, Carmello, Super Brain, dan Kiss Me Quick. Pada bunga dimaksud, terlihat kehadiran sejumlah “spot” atau notkah pigmen warna merah di petal bunga (foto terlampir).
“ Mbak, apa ini mutasi ? bisa jadi barang langka ?” tanya teman saya.
Mungkin dan bisa jadi. Tapi nanti dulu, sebab ada gejala yang mirip demikian pada bunga petunia yang terkena potyvirus strain Tobacco Etch Virus atau TEV-CAA10 (Pierre et al, 2001).

“ Ada lagi, mutasi pada bunga lokal hingga menjadikannya mirip Water Fall “ kata teman saya lagi dengan bangga (lihat gambar).
Dalam hati saya, kok banyak sekali virus di adenium ya, setelah mossaic virus dan dwarf seperti yang dikemukakan bang Zai ?.

Pak Tri Widodo, mohon pencerahannya …..
Bagaimana cara mengetahui adanya serangan virus, secara cepat dan murah ? Apakah gejala yang nampak pada bunga-bunga terlampir akibat serangan virus, atau sebab lain ? Apakah efek virus dapat diturunkan secara generatip ? Apakah virus tanaman juga seperti halnya virus pada manusia, efek muncul bila tanaman kurang sehat dan akan menghilang sementara bila tanaman dalam kondisi prima ? Kemungkinan efek lain dari serangan virus secara jangka panjang, mungkin sekarang kita well come dengan virus- virus tersebut, namun adakah bahaya tersembunyi yang justru bisa merugikan nantinya ?

Terimakasih sebelumnya pak Tri.

Tharie Wie
www.omahijo.com

Ref :
- Judith A. Lesnaw, et al, 2000, Tulip Breaking: Past, Present, and Future, Plant Disease Vol. 84
- Pierre et al, 2001, Virus-specific spatial differences in the interference with silencing of the chs-A gene in non-transgenic petunia, Journal of General Virology vol 82.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar