Senin, 15 Desember 2008

Root Mealy Bug


Organisme berwarna putih yang menempel di akar yang sangat bandel dan menjengkelkan biasa di sebut Root Meally Bug (RMB)

Serangan RMB kebanyakan menyerang adenium yang bermedia non tanah (cocopeat, sekam dan sekam bakar dan atau campuran ketiganya). Adenium yang kurang sehat juga lebih rentan serangan RMB.


Bagaimana mengatasi RMB ?.

  • Ganti media , tapi sangat tidak praktis.,
  • Disemprot insektisida, tapi menghendaki kesabaran karena tidak langsung terlihat efeknya (sekarang disemprot- besoknya RMB langsung hilang). Baru beberapa kali penyemprotan, gejala serangan terlihat berkurang.
  • Bagaimana dengan perendaman pot berikut tanamannya ? Cara perendaman mungkin keefektifannya akan berkurang kalau yang dipakai itu adalah jenis insektisida kontak , apalagi kalau dalam perjalanannya insektisida tersebut juga harus bersentuhan dengan tanah. Akan lebih efektif kalau dipakai insektisida jenis sistemik. Sekali lagi cara ini tetap butuh kesabaran.
  • Selain berbagai cara diatas, tanaman yang terlihat terserang RMB bisa diberi tambahan pupuk N tinggi (NPK Mutiara 25-7-7). Untuk tanaman di bawah 3 bulan cukup 5 butir. Hanya efeknya adenium jadi nampak langsing dan daunnya besar-besar, bonggol jadi nampak kecil.

Cara terakhir ini cukup efektip dan murah, tapi tidak aplikabel untuk adenium jenis arabicum.

Salam

Tharie – Omahijo Jogjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar