Senin, 15 Desember 2008

Perlakuan setelah Grafting



Perlukah adenium yang baru saja di grafting langsung di siram dan dipupuk ?


Dear adeniumania…


Salah satu fungsi air bagi tanaman adalah untuk untuk mendinginkan permukaan tanaman melalui proses evaporasi air (transpirasi-evapotranspirasi ). Akar menembus tanah yang lembab sedang batang tumbuh ke atmosfer yang kering. Keadaan tersebut menyebabkan terjadinya aliran air terus-menerus dari tanah ke atmosfer melalui tanaman (terutama lewat daun-stomata), disamping penguapan langsung dari permukaan tanah tentunya.


Kata orang pinter, besar jumlah aliran air tersebut (dari tanah ke udara) sebesar 10 kali jumlah air yang tertahan dalam jaringan tanaman, 100 kali jumlah air yang digunakan untuk perluasan sel-sel baru, dan 1000 kali jumlah air yang digunakan untuk fotosintesis. Dari penelitian tanaman jagung, untuk menghasilkan 1 kg berat kering tanaman tersebut dibutuhkan 225 kg air yang hilang melalui proses evapotranspirasi.


Pertanyaan saya, segera setelah dilakukan proses grafting bila langsung disiram air, akan lari melalui apa dan kemana itu air akan pergi ?.

Kalau hasil grafting ditempatkan ditempat panas, air akan menguap melalui permukaan tanah. Tapi bagaimana bila grafting ditaruh di tempat teduh ? Jadi tetaplah Waspada …….. ingat busuk akar bukan hanya karena kejahatan air tetapi juga karena ada kesempatan ……..

Hemat saya, setelah grafting sebaiknya tanaman tidak disiram. Baru setelah terlihat mata tunas tumbuh, siram dan pupuk untuk pertumbuhan vegetatif seperti biasa. Pertumbuhan tunas membutuhkan air.

Penyiraman dan pemupukan sebaiknya dilakukan 2 hari sebelum proses grafting (bila musim panas) atau 4 hari sebelum grafting (pada musim hujan).

Salam

Thari Wie

omahijo Jogjakarta

1 komentar:

  1. wah terima kasih, blognya keren..
    saya jg penggemar berat adenium..
    sekarang lagi belajar kawin silang tapi koq gak pernah berhasil yach??

    BalasHapus