Jumat, 22 Februari 2008

Mutasi bunga Adenium krn batang bawah



Rekans,
Ada beberapa hal yang menurut saya masih mitos dalam mutasi bunga. Ada yang menyebut bunga bermutasi karena pengaruh bonggol bawah, ada yang bermutasi karena penyiraman zat2 tertentu semacam kunyit, ada yang bermutasi karena radiasi dan ada yang bermutasi karena virus.
Mohon pencerahannya mana yang sekedar mitos, dan mana yang benar-benar menyebabkan mutasi?
Terima kasih, Salam, Tomo

Dulu pernah ngobrol dengan penyilang adenium di solo pak ..pak waluyo namanya.
pertanyaan saya sama dengan pak tomo , tentang pengaruh bonggol bawah dan entress ..
kata beliau tetap pengaruh paling besar di bawa oleh bonggol bawah ..
karena dari bonggol bawahlah yang meresap dan mengolah makanan di adenium..
sedangkan entress cuma sebagai jembatan penghubung makanan untuk di olah daun ...
(ilmihanya mungkin ada yang bisa menjelaskan)

kalau menurut saya penyiraman zat2 tertentu lebih cenderung bersifat sementara aja pak ...
gak tau kalau penyiraman di lakukan continue sampai jadi indukan ?? apakah hasil bibitannya akan seperti indukannya .

untuk mutasi virus / radiasi ..(please deh para pakar turun gunung dunk, pada bertapa semua kayaknya :p)  salam,  Anas

Benarkah bunga dapat bermutasi karena Pengaruh bonggol bawah, Penyiraman zat2 tertentu (semacam kunyit), Radiasi, dan Virus hanya merupakan suatu MITOS adanya ?

WIKIPEDIA (http://en.wikipedia.org/wiki/mutation) :
In biology mutations are changes to the base pair sequence of genetic material (either DNA or RNA). Mutations can be caused by copying errors in the genetic material during cell division and by exposure to ultra violet or ionizing radiation, chemical mutagen, or viruses, or can occur deliberately under cellular control during processes such as meiosis or hypermutation.

Bila MITOS memenuhi kriteria definisi tersebut di atas, tentunya bukan mitos lagi.
MUTASI = PERUBAHAN STRUKTUR GEN. Tanpa ada perubahan struktur gen, bukan mutasi. Radiasi, virus, zat kimia tertentu, dikenal sebagai agen mutasi (=mutagen). Bonggol bawah dan Kunyit ? BUKAN penyebab mutasi (catatan : sebatas pengetahuan saya sampai saat ini, tentunya). Bonggol bawah hanya sebatas penopang tegaknya entres dan penghubung aliran nutrisi yang berasal dari dalam tanah ke entres. Tanaman bersifat “totipoten”, tiap sel punya informasi genetik lengkap.
Apakah transfusi darah “bangsawan” otomotis mengubah kita jadi bangsawan ? Apakah kalau makan roti + keju tiap hari, kelak dikemudian hari membuat kita + keturunan kita lantas bermata biru ?. Apakah mangga “gedhong gincu” yang digraft pada mangga kampung berubah kualitasnya ?.
Mutan umumnya bersifat ‘resesif’, karena itu pengenaan mutagen hasilnya tidak serta merta terlihat pada tanaman yang dikenai perlakuan, pada saat itu juga. Mutasi baru terlihat pada anak turunnya.
Berikut beberapa seedling yang dikenai sinar gamma yang ada di Mino (makasih pak Kunto). Apakah terlihat ada mutasi terjadi ? Baru diketahui beberapa generasi setelahnya, terpaksa harus sabar nunggu.

Tharie Wie
www.omahijo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar