Selasa, 18 Desember 2007

Batang Adenium Kurus




From : Erlim


Hello,
Mau tanya saya punya beberapa pohon adenium umur +/- 1 bulan yang bijinya dikasih oleh rekan milis tapi kelihatan pertumbuhannya kurang sehat, batangnya berwarna merah, daunya lewat (8 daun), tingginya 4-5 cm, diameter batang persegi (tipis) tidak bulat seperti umumnya adenium apakah adenium tersebut kurang gizi.
Media sekam bakar + cocopeat + pupuk kandang (2:1:1) dua hari sekali di semprot vi*****n 32:10:10.

From : Tharie

Mas Erlim dan rekan-rekan,
Kembali ke rumus dasar fenotipe = f (genotipe, lingkungan). Kenampakan visual yang teramati mata (fenotipe) ditentukan oleh faktor genetik (genotipe) dan lingkungan. Benih obesum tidak akan menghasilkan arabicum. Tapi bagaimana kalau benih obesum tumbuh mirip kacang panjang ? Jelas faktor lingkungan yang bicara disini.
Ada banyak alasan lingkungan, namun untuk kasus mas Erlim hal tersebut berkaitan dengan pemberian pupuk. Bukan kurang gizi tapi malah kebanyakan gizi.
Pedoman untuk rekans penghobi adenium :
“Pupuk dengan porsi kandungan N (nitrogen) tinggi lebih tepat digunakan bila bercocok tanam sayuran, bukan untuk adenium “
Bagaimana kalau sudah terlanjur ? Lakukan koreksi pemupukan. Lambat laun dalam perkembangannya, tanaman tersebut juga akan bersosok normal seperti seharusnya tanaman adenium.
Pupuk kandang ?? Ingat pesan bu Menteri yang sering muncul di TV, cuci tangan dengan sabun sehabis menggunakan pupuk kandang, untuk mencegah penularan Flu Burung (???). Ah …. yang bener aja ???

From: Muhammad Aulia Adnan

Wah kok saya jadi bingung jadinya harus pakai pupuk yang kaya apa. Saya sangka semua tanaman sama perlakuan pemupukannya. Sekarang sih di media saya tabur dek...plus TE yg N tinggi. Sementara utk pupuk saya pakai organik dengan kombinasi N tinggi dan juga pupuk dengna P dan K tinggi. Niat awal sih karena saya punya tanaman dengan tingkat kedewasaan berbeda tapi nggak mungkin semprot satu-satu, jadi saya selang-seling saja dengan teratur. Sekarang sih arabicum memanjang keatas belum gendut2.

From: Green Girls ReNDezvous

Mbak Thari terima kasih banyak ilmunya selama ini aku salah ,maunya sih pengen dapet baby yang gemuk kaya di Webnya Mbak Thari....... ......ga tahunya kebanyakan gizi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar