Kamis, 22 Januari 2009

Adenium Mini


Seorang rekan mengirim e-mail , beliau tertarik membuat adenium mini.
“ gimana ya mbak caranya bikin adenium mini, kaya bonsai gitu…”

Wah garuk-garuk kepala nggak gatal nich … :-D persoalannya pemahaman saya tentang bonsai hanya sejauh tanaman yang dikerdilkan. Jadi di bawah ini hanya sebatas upaya menghambat laju pertumbuhan tanaman saja.

1. Media tanam yang diperlukan apa tetap sama seperti menanam adenium lainnya, atau ada media khusus ?.
Media tanam yang dipakai tidak berbeda dengan media tanam bonsai atau media tanam adenium. Pilih media tanam minim nutrisi (pasir malang atau pasir kali, sekam bakar, sekam mentah, dsb). Agar kontrol nutrisi lebih gampang dilakukan, hindari campuran pupuk organik pada media tanam, karena jumlah nutrisi hara yang diserap tanaman sulit dikontrol, sesuka tanaman, bukan semau kita.

2. Pupuk dan Zat Pengatur Tumbuh apa saja yang diperlukan serta bagaimana mengaplikasikannya (dosis, interfal waktu dan usia) ?.
Pupuk dan Zat Pengatur Tumbuh yang digunakan, intinya pakai pupuk yang tidak mendukung pertumbuhan vegetatip, yaitu pupuk dengan kadar N rendah dibanding P dan K. Pupuk pembungaan cocok dengan ketentuan tersebut. Kurangi konsentrasi pupuk, ¼ takaran (atau kurang) dari anjuran label. Gunakan pupuk dengan kandungan NH4 kurang dari 30 % dari N total, dan banyak mengandung unsur Mg. Permasalahan mungkin timbul terkait dengan pilihan jenis arabicum. Porsi kecil N pada arabicum umur kurang dari 3 bulan akan mengurangi jumlah batang yang muncul dari caudex. Untuk itu s/d umur 3 bulan pakai pupuk vegetatip agar jumlah batang keluar maximal dulu (jangan lupa “pontes” titik tumbuh daun ke 6, hingga sisa 4 daun ). Setelah 3 bulan baru dengan pupuk ala bonsai seperti tersebut di atas. Prinsip dasar pemanjangan internode tanaman karena pengaruh hormon auksin atau giberelin. Untuk itu coba beri “paclobrutazol” (biasa digunakan di anggrek untuk merangsang bunga) untuk menghambat kerja auksin dan giberelin.

3. Apakah penempatan bibit (stl layak pupuk) harus full matahari ?.
Full matahari mutlak diperlukan untuk menghambat auksin. Sejak umur sebulan harus sudah full matahari. Air juga mendukung pertumbuhan tanaman, oleh sebab itu porsi air perlu dikurangi.

4. Adakah perlakuan khusus setelah bibit tersebut tumbuh menjadi remaja (usia 5-6 bulan) dan dewasa ?.
Perlakuan khusus setelah remaja, mungkin hanya “pruning” titik tumbuh yang akan mengurangi laju fotosintesa tanaman. Pupuk tetap sama tapi dosis agak ditingkatkan menjadi 1/3 – 1/2 takaran. Jangan lupa semprot dengan “metalik” untuk menambah hara mikro, mengingat pemakaian pupuk bunga terus menerus dapat mengurangi penyerapan hara mikro.

5. Akankah perlakuan khusus tersebut melekat sepanjang hidupnya ?.Apakah akan melekat sepanjang hidup.
Tentu saja tidak. Tergantung genetik tanaman.

6. Setelah jadi dwarf, kalau ada yang minat beli, apakah ditangan pembeli nanti kondisinya akan tetap stabil ?.
Sama dengan orang beli bonsai pohon beringin atau serut, tetap perlu perawatan sepanjang hidup agar tumbuh seperti seharusnya bonsai.

1 komentar:

  1. sLMT SIANG Mbak..mantep ya blognya,,isinya pun cantik cantik ,kayak orangnya,,hee..hee..ajari dong mbak,,( http://hartonodenhub.blogspot.com )

    BalasHapus