Minggu, 28 Agustus 2011

Memupuk Adenium



Kalo dilihat komposisi N-P-K yang tertera pada kemasan pupuk seedling dan florigen itu berbeda2, bisakah dijelaskan arti dan resep mana yg terbaik utk adenium?
Kuncinya ada di perbandingan N dan P. Boleh N tinggi asal P nya kecil, maka daun menjadi besar, caudex agak kecil, internode pendek. Sebaliknya N kecil dengan P besar, maka daun normal, caudex lebih besar, internode pendek.  Perbandingan N sama dengan P membuat adenium tumbuh dengan internode terlalu panjang   

Kira2 kapan timingnya pake pupuk utk seedling(1-8bln) dan florigen(8bln ke atas)? Apakah  kalo tanaman adenium dewasa sdh tidak perlu diberi pupuk seedling lagi?
Pupuk seedling diberikan pada tanaman adenium umur 1-8 bln, sedangkan pada tanaman 8 bln keatas dan masa perawatan sebaiknya diberi pupuk selang-seling, seedling dan florigen. Saat masa perawatan sebaikya ditambahkan kapur dolomit, ditabur ke media ½ sendok teh 2 bulan sekali, jangan dilarutkan dan dicampur pupuk. 

Apakah aplikasi untuk Adenium obesum dengan arabicum & TS berbeda? Bagusnya bagaimana?
Perlu diperhatikan latar belakang dan tujuan-tujuan tertentu , kembali ke fungsi masing-masing unsur pupuk, tinggal mana yg mau ditambah atau dikurangi.

Perlakuan yg diberikan ke adenium saya : 1x seminggu saya semprot pupuk bonggol (bahannya dari guano) di bonggol & medianya, 1x dua minggu saya siram EMK, 1x 3 bulan saya taburin NPK kadang dekastar kadang mutiara biru. Sdh tepatkah ?
Guano bisa ditinggalkan supaya tidak kebanyakan unsur P
EMK bisa diteruskan untuk membantu perombakan bahan organik media
NPK tdk masalah.

Setelah prunning atau grafting saya beri perangsang tunas juga cytokinin , apakah memang perlu?
Dalam kasus grafting dan pruning adenium secara ekonomis tidak perlu pemakaian hormon2 penumbuh tunas, karena tanaman yang memiliki perakaran sehat dengan sendirinya akan memproduksi sitokinin. Cukup pupuk seedling.

Kalo misalnya mau ngasih pupuk yang kebetulan bersamaan sama nyiram, bagusnya siram air dulu baru dikasih pupuk atau langsung pupuk saja nggak perlu disiram air lagi?
Bagusnya ngasih pupuk pagi atau malam hari?
Aplikasi lebih gampang bila pupuk dilarutkan dulu , lebih baik memberi pupuk pada pagi hari karena sebagian besar nutrisi terserap tanaman bersamaan dengan proses transpirasi.

Berapa lama kira2 waktu yang cukup supaya pupuknya terserap tanamannya? Misalnya pagi2 saya kasih pupuk nggak taunya siang turun hujan, apa perlu diulang lagi? Selama ini kalo nggak ada hujan, saya biarkan dulu 2-3 hari nggak disiram air dengan harapan pupuknya nggak langsung terbilas air. Kalo misalnya hujan seperti yang saya sebutkan tadi, besoknya saya ulang lagi.
Cara tersebut sdh betul, untuk menjamin ketersediaan nutrisi bagi tanaman.

= ** =

Tidak ada komentar:

Posting Komentar